Tips Cara Perawatan Mobil Secara Sendiri

Saat ini jasa cuci dan perawatan mobil telah banyak dijumpai dimanapun, hal ini yang membuat banyak pemilik mobil akhirnya menyerahkan proses perawatan mobilnya kepada penyedia jasa. Sebetulnya hal itu sah-sah saja dan tidak dilarang, namun ada hal yang perlu anda pahami bahwa ketika anda memberikan perawatan mobil anda kepada orang lain, hal itu membuat anda tidak dapat mnegetahui secara detail kondisi anda meskipun dengan alasan sibuk dan lelah karena tenaga anda sudah habis untuk bekerja.

Dengan membersihkan mobil anda sendiri tentu anda dapat menentukan bagian-bagian mana saja yang ingin anda bersihkan, karena beberapa jasa salon mobil tidak melakukan pembersihan mobil secara keseluruhan yang membuat mobil anda bisa jadi masih kotor pada bagian-bagian tertentu.

Di samping itu, dengan membersihkan mobil secara sendiri tentu mengurangi pengeluaran anda meskipun saat ini banyak jasa salon dan cuci mobil yang menawarkan harga yang cukup kompetitif.

Di bawah ini ada beberapa kegiatan dan area mobil yang dapat anda rawat sendiri. Sehingga membuat tampilan mobil anda nantinya tentu akan menjadi kinclong dan memberikan kepuasan tersendiri bagi anda.

1. Mencuci Mobil

Mencuci mobil merupakan cara yang paling mudah dan paling sering dilakukan oleh siapapun yang memiliki mobil. Tujuan dari mencuci mobil tentu saja untuk membersihkan dan menyingkirkan kotoran yang melekat pada bodi mobil anda. Untuk melakukannya anda hanya menyiapkan air, sabun, kain lap/kanebo dan pengering. Lalu jika terdapat kotoran yang berbentuk nodal maka sebaiknya anda menyiapkan sampo khusus yang dapat mengangkay kotoran pada bodi mobil anda.

2. Menjaga dari jamur

Langkan menjaga bodi mobil dari jamur adalah langkah preventif yang dapat dilakukan. Karena ketika jamur sudah menempel pada bodi mobil anda tentu akan sulit untuk dihilangkan. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menjaga mobil agar tetap kering setelah terkena air hujan. Dan hindari menggunakan sarung mobil untuk menjaga mobil dari hujan karena hanya akan membuat mobil menjadi lembab.

3. Rawat Dashboard

Membersihkan dasbor mobil anda akan memperpanjang umur pelapis dabor mobil anda. Yang perlu anda lakukan hanya mengelapnya dengan cairan yang banyak tersedia di pasar. Hal ini sangat penting anda lakukan secara rutin.

4. Rawat Jok Mobil Anda

Jok berbahan apapun baik kulit, kain, sintetis dan lainnya tentu membutuhkan perawatan. Anda cukup melakukan perawatan ketika jok mobil anda terlihat kotor, anda dapat melakukannya dengan menyapunya atau membersihkannya dengan vacuum cleaner.

5. Rawat Kaca

Kaca merupakan hal penting pada mobil anda, dan salah satu lokasi yang mudah terkena jamur selain bodi mobil anda. Untuk itu anda perlu melakukan perawatan pada kaca mobil anda dengan cara membersihkannya ketika terasa kotor. Anda dapat menggunakan sabun khusus pemoles kacar dan mengelapnya dengan kain lap kering.

6. Kebersihan Ruang Mesin

Selain membersihkan ruang mesin mobil anda tentunya secara tidak langsung anda pun ikut memiliki kesempatan melihat kondisi komponen di ruang mesin anda, hal ini sangat penting untuk mengontrol mesin anda dan mobil anda tetap terjaga ketika dikendarai.

7. Kebersihan karpet

Karpet mobil adalah bagian interior yang paling sering kotor karena posisinya yang terinjak-injak oleh siapapun yang menaiki mobil anda. Untuk itu anda perlu membersihkannya ketika terlihat kotor, apalagi karpet anda berbahan bludru, dan itu cukup sulit jika kotoran yang ada sangat sulit untuk dibersihkan, ada baiknya anda mencucinya ketika terlihat sangat kotor.

Itulah beberapa informasi mengenai tips cara perawatan mobil secara sendiri yang dapat anda lakukan, semoga bermanfaat.

Sumber:http://suzukiertigasurabaya.web.id